Download Twibbon Ramdhan 2022 Populer Ranking 5

Download Twibbon Ramdhan 2022 Populer Ranking 5
Klik link Di bawah gambar untuk instal twibbon

Amalan Bulan Puasa

Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah bulan ini merupakan bulan yang lebih baik dari seribu bulan. Konon, selama bulan Ramadhan, seluruh pintu langit terbuka semua buat menjawab doa-doa yang umat Islam panjatkan.

Pintu taubat juga dibuka selebar-lebarnya, lho. Ini jadi kesempatan emas buat kamu kejar target ibadah sebanyak-banyaknya. Berpuasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari sudah pasti jadi salah satu amalan utama bulan puasa. Selain itu, apa saja nih amalan-amalan bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan?

  1. Sholat Tarawih

Teman2, tahu nggak? Ternyata ibadah sholat tarawih termasuk ke dalam salah satu amalan utama di dalam bulan Ramadhan. Sifatnya memang sunnah, sih. Alias, kamu nggak harus melakukannya. Tapi, kalau kamu beribadah sholat Tarawih selama bulan Ramadhan, Teman2 bakal dapat pahala. Lumayan banget, kan? Kamu jadi bisa dapat pahala tambahan buat tabungan akhiratmu.

2. Sahur

Selama berpuasa, Teman2 jangan sampai lupa buat sahur, ya! Sahur adalah aktivitas makan yang dilakukan sebelum azan Subuh berkumandang. Fungsinya, supaya kamu nggak lemas dan loyo selama berpuasa seharian penuh nanti. Sahur ternyata juga termasuk ke dalam amalan Sunnah di dalam bulan Ramadhan, lho. Dengan makan sahur, tubuhmu jadi lebih berenergi supaya tetap bisa beraktivitas selama bulan puasa. Rasulullah SAW bersabda:

السَّحُورُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ، فَلَا تَدَعُوهُ، وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جُرْعَةً مِنْ مَاءٍ، فَإِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

“Makan sahur adalah berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walau kalian hanya meminum seteguk air, karena Allah ‘Azza wa Jalla dan para malaikat mendoakan orang yang makan sahur.” (HR. Ahmad dari Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiallahu ‘anhu).

Nah, sekarang kamu jadi tahu kan keistimewaan dari makan sahur? Jangan lupa pasang alarm, ya! Kalau perlu, Teman2 bisa minta si doi buat bangunin kalian sahur. Supaya, kamu juga jadi makin bersemangat!

3. Tadarus Al-Qur’an

Kalau selama ini kamu selalu sibuk dengan pekerjaan, bulan Ramadhan jadi kesempatan emas buat mengkhatamkan Al-Qur’an. Membaca kitab suci Al-Qur’an selama bulan puasa termasuk ke dalam amalan utama yang bikin kamu bisa dapat pahala berlipat ganda.

Menamatkan 30 Juz memang kedengarannya berat. Supaya terasa lebih ringan, coba deh Teman2 mencicilnya dengan baca 1 Juz setiap hari. Membaca Al-Qur’an selama bulan Ramadhan ternyata juga jadi salah satu amalan yang dilakukan Rasulullah, lho. Menurut Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma:

وَكَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ

“Jibril menemuinya pada tiap malam malam bulan Ramadhan, dan dia (Jibril) bertadarus Al-Quran bersamanya” (H.R. Bukhari No. 3220).

Gimana? Jadi makin bersemangat kan buat mengamalkan amalan satu ini?

4. Bersedekah

Bulan puasa nggak cuma soal dirimu yang berusaha menggapai pahala sebanyak mungkin. Bulan Ramadhan juga melatihmu supaya jadi lebih peka dan punya sifat welas asih pada sesama. Makanya, salah satu amalan utama selama bulan Ramadhan adalah bersedekah. Nggak perlu cari yang jauh-jauh. Coba deh lihat ke sekitarmu, ada nggak tetangga yang lagi struggling dalam hidupnya? Atau, ada nggak yayasan panti asuhan dan sejenisnya yang butuh bantuan?

Kamu bisa bersedekah uang atau bahan-bahan makanan buat mereka yang membutuhkan. Menyumbangkan uang lewat kotak amal masjid juga jadi salah satu cara bersedekah, lho. Memberikan sedekah juga jadi salah satu amalan selama bulan Ramadhan yang dilakukan Rasulullah, lho. Sang nabi besar sendiri juga sering banget bersedekah selama bulan Ramadhan. Ini berdasarkan kesaksian Ibnu Abbas radhiallahu’anhuma, yaitu:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَأَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَام يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ فَلَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia yang paling dermawan, dan kedermawanannya semakin menjadi-jadi saat Ramadhan apalagi ketika Jibril menemuinya. Dan, Jibril menemuinya setiap malam bulan Ramadhan dia bertadarus Al Quran bersamanya. Maka, Rasulullah benar-benar sangat dermawan dengan kebaikan laksana angin yang berhembus” (HR. Bukhari No. 3220).

5. Menjauhi Perbuatan yang Bikin Batal Puasa

Eits, yang dimaksud di sini nggak cuma makan dan minum sebelum waktu berbuka, ya. Selama bulan puasa, kamu juga harus menghindari perbuatan-perbuatan yang bikin amalan puasamu berkurang atau malah batal sama sekali. Perbuatan yang bisa mengurangi amalan puasa antara lain julid, berghibah, atau bikin dan menyebarkan berita hoax. Marah-marah juga bisa bikin pahalamu berkurang, lho. Kelihatan sepele, sih. Tapi, kalau perbuatan-perbuatan itu kamu lakukan selama bulan puasa, bisa-bisa yang kamu dapatkan cuma rasa haus dan lapar saja